fbpx

Priapisme

Priapisme

Priapisme merupakan ereksi yang nyeri dan menetap, namun tidak berhubungan dengan gairah atau kepuasan seksual. Priapisme dapat terjadi pada semua kelompok umur, termasuk bayi yang baru lahir. Pada anak-anak priapisme biasa ditemukan pada penderita leukimia. Sel darah putih yang menyumbat atau menghalangi aliran darah dari penis sehingga terjadi priapisme. Selain itu, priapisme pada anak juga bisa disebabkan trauma, baik pada penis sendiri ataupun pada daerah di bawah penis dan cedera korda spinalis.

Priapisme pada pria dewasa, penyebabnya belum bisa diketahui pasti. Namun , penyebab yang paling sering menimbulkan priapisme adalah obat-obatan yang disuntikan seperti obat psikosa (torazin, klorpromazin), obat anti hipertensi, marijuana, obat untuk impotensi, kokain, antikoagulan, tolbutamid, kortikosteroid, trazodon.

Gejala

Gejala yang ditunjukkan berupa ereksi yang nyeri yang tidak disebabkan adanya rangsangan seksual dan terjadi selama 4 jam tau lebih.

  • Low-flow priapism merupakan kondisi darah tidak dapat keluar dari penis.
    • Penis menjadi keras dan bagian ujungnya lembut
    • Disertai nyeri
  • High-flow priapism merupakan darah terlalu banyak mengalir ke penis.
    • Penis tegak tapi tidak mengeras
    • Biasanya tidak disertai nyeri.

Faktor pemicu

Faktor pemicu priapisme, antara lain

  • Cedera pada tulang belakang
  • Pembekuan darah.

Komplikasi

Bila dibiarkan begitu saja tanpa adanya perawatan maka priapisme bisa mengakibatkan kerusakan pada penis dan disfungsi ereksi secara permanen.

Bila mengalami gejalanya, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Ingat, jangan menunda-nunda!

Klinik Pandawa didirikan dengan berbadan hukum PT. PANDAWA MITRA MEDIKA dengan ijin NOMOR. 3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017. Operasional dari PTSP DKI Jakarta Pusat dan Dinas Kesehatan Jakarta Pusat. Klinik Pandawa ini didirikan oleh beberapa orang dokter yang berpengalaman, serta ahli terhadap kasus-kasus penyakit yang erat kaitannya dengan masalah Penyakit kelamin, Kulit, Bedah umum, dan Perawatan organ reproduksi pria (Andrologi), wanita (Ginekologi) perempuan, orang tua, atau orang muda termasuk anak-anak.

Share:

Gedung Baja GF2 Tower B

Jl. Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat

0821-1141-0672

Chat dengan kami

Jam buka

Sen - Sab: 09:00 - 20:00

pandawaklinik@gmail.com

Email kami
   Konsultasi Online Gratis