Peradangan Pada Kepala Penis Membuat Sakit Dan Bengkak, Rentan Terjadi Pada Pria Dewasa Yang Tidak Disunat — klinikandrologijakarta.com — Saat penis terasa gatal dan sakit, pasti akan menjadikan masalah besar bagi semua pria. Ya, kesehatan penis tentu saja menjadi salah satu perhatian utama bagi pria. Bagaimana tidak, organ vital yang selalu di bangga-banggakan ini merupakan organ reproduksi paling penting. Lebih banyak para pria memiliki masalah pada penisnya dikarenakan tidak menjaga kebersihan penis. Salah satu risiko penyakit yang bisa dialami oleh pria yang tidak menjaga kebersihan penisnya adalah balanitis. Mengapa bisa sampai terjadi Balanitis? Apa bahaya dan resiko jika penyakit ini dibiarkan?

Apa Itu Balanitis?

Balanitis adalah peradangan yang terjadi pada kepala penis, yang sering kali terjadi pada pria yang belum disunat. Balanitis ini dapat menimbulkan gejala seperti penis terasa sakit, memerah, bengkak, dan mengeluarkan bau tidak sedap, serta terasa nyeri saat buang air kecil. Walaupun penyakit balanitis ini bisa dikatakan bukanlah penyakit yang serius, tetapi semua pria khususnya yang belum disunat bisa mengalami balanitis. Penyakit ini dapat dialami pria di semua kalangan dan usia, tetapi lebih sering pada pria dewasa dan menurut survey yang ada balanitis ini dialami oleh 1 dari 25 anak dan 1 dari 30 pria dewasa yang belum disunat. (Peradangan Pada Kepala Penis Membuat Sakit Dan Bengkak, Rentan Terjadi Pada Pria Dewasa Yang Tidak Disunat )

Apa Yang Menjadi Penyebab Balanitis?

Banyak faktor yang terjadi seorang pria bisa menderita penyakit balanitis ini dan berikut adalah penyebabnya.

1. Kondisi kulit

Penyakit ini bisa menjadi munculnya tanda dan gejala dari kondisi lainnya yang sebenarnya dialami penis, seperti:

• Lichen planus, yaitu sebuah kondisi di mana kulit menjadi ruam, memerah, permukaan kulit terasa gatal.
  • Penyakit Eksim, adalah penyakit kulit kronis yang bisa menyerang permukaan kulit pada penis. Kondisi dimana ditandai dengan berubahnya kulit menjadi kering, gatal, pecah-pecah, dan memerah.
  • Dermatitis adalah peradangan yang terjadi pada permukaan kulit yang diakibatkan karena melakukan kontak langsung dengan hal yang membuat kulit iritasi.
  • Psoriasis, penyakit ini terjadi pada kondisi ditandainya permukaan kulit kering dan bersisik. Penyakit Psoriasi ini juga bisa diesbabkan karena sistem kekebalan tubuh yang tidak bisa melakukan regenerasi sel kulit dengan normal.

Semua penyakit kulit yang telah dipaparkan tersebut bisa menyebabkan penis sakit, nyeri, memerah, dan radang, sehingga mengakibatkan seseorang mengalami balanitis. Untuk mengatasi penyakit balanitis ini adalah, mengobati penyakit kulit yang menjadi penyebab dari balanitis tersebut. (Peradangan Pada Kepala Penis Membuat Sakit Dan Bengkak, Rentan Terjadi Pada Pria Dewasa Yang Tidak Disunat )

1. Peradangan pada penis

Peradangan dan iritasi yang terjadi pada permukaan kulit penis bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut:

Menggunakan kondom, lubrikan, dan spermisida (alat kontrasepsi khusus untuk laki-laki) yang mengandung zat kimia dan membuat kulit menjadi alergi.

Celana yang dipakai masih menyisakan deterjen yang tidak terbilas dengan bersih. Jika Anda menggunakan celana yang tidak dibilas bersih, maka zat kimia yang tertinggal di celana Anda dapat menyebabkan penis sakit, nyeri, memerah, dan meradang.

1. Mengalami infeksi

Faktor lain penyebab utama dari penyakit balanitis ini adalah infeksi yang terjadi pada kepala penis dan infeksi ini bisa disebabkan oleh dua hal, yaitu:

Infeksi candida, yaitu infeksi jamur yang sering kali menyebabkan peradangan di tubuh, contohnya sariawan di mulut. Kondisi pada infeksi yang diakibatkan oleh candida ini dapat mengakibatkan penis sakit, bengkak, dan iritasi.

Infeksi bakteri, permukaan kulit manusia penuh dengan bakteri. Munculnya bakteri yang bersifat jahat dan menimbulkan penyakit, tetapi memang ada juga yang tidak berbahaya. Membersihkan dan mencuci penis rutin setiap hari serta segera mengeringkan penis dapat menurunkan risiko infeksi bakteri.

1. Diabetes

Penyakit Balanitis ini juga bisa terjadi bukan hanya karena infeksi saja, tetapi juga bisa karena seseorang mengalami diabetes sebelumnya. Seorang lelaki dewasa yang mengalami diabetes berpeluang mengalami infeksi kulit lebih besar dibandingkan dengan yang tidak memiliki riwayat diabetes. Hal ini diakibatkan karena glukosa yang terdapat di dalam urin dan dikeluarkan melalui penis, memicu tumbuhnya bakteri di sekitar penis.

1. Fimosis

Penis yang tidak/belum disunat, mengakibatkan kepala penis yang dilapisi oleh lapisan kulit yang disebut kulup. Pada kulup yang terlalu ketat menimbulkan kulit  tidak bisa ditarik kembali ke atas kepala penis, sehingga terjadi fimosis. Fimosis umum terjadi pada bayi dan anak laki-laki ataupun lelaki dewasa yang belum disunat.

1. Melakukan hubungan seksual yang tidak aman

Penyakit ini bisa juga terjadi pada pria dewasa apabila ia melakukan hubungan seksual yang tidak aman dan tidak sehat. Apabila pasangan wanitanya sedang mengalami infeksi atau luka pada vagina, maka laki-laki tersebut bisa tertular dan berisiko mengalami balanitis. Selain itu penyakit infeksi menular seksual lainnya seperti herpes genital, chlamydia, dan sipilis juga dapat menyebabkan balanitis.

Apa Bahaya Dan Komplikasi Penyakit Balanitis?

• Bisa menjadi penyebab munculnya penyakit canchroid
  • Infeksi saluran pada kemih dan ginjal
  • Terjadinya Kanker Pada Penis
  • Bisa menularkan pasangan seksual
  • Sakit saat berhubungan seksual
  • Timbul orchitis, epididimytis dan prostatitis  (Peradangan Pada Kepala Penis Membuat Sakit Dan Bengkak, Rentan Terjadi Pada Pria Dewasa Yang Tidak Disunat )

Bagaimana Prosedur Penanganan Dan Pengobatan Pasien Yang Menderita Penyakit Balanitis Di Klinik Pandawa ?

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan penis anda. Dokter juga perlu menentukan jenis penyakit balanitis yang anda miliki sudah terindikasi lama atau tidak serta melakukan tes darah dan analisis urin.

Kami klinik pandawa yang berada di Jakarta Pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit Balanitis disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit Balanitis ataupun penyakit kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan. Biaya pemeriksaan dan pengobatan di klinik pandawa relatif terjangkau dan murah. Fasilitas dan keunggulan yang dimiliki oleh klinik pandawa antara lain :

• Memiliki dokter ahli dan berpengalaman
  • Memiliki peralatan penunjang medis : laser, USG, Rontgen, Laboratorium dan Apotik
  • Memiliki ruangan full AC semuanya
  • Memiliki area parkir luas dan gratis
  • Rahasia medis pasien terjamin
  • Harga murah dan terjangkau
  • Pelayanan Medis profesional, berintegritas, transparan, ramah dan cepat

Apabila anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS/ Telp pada tombol Web atau ke nomer HP 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin. (Peradangan Pada Kepala Penis Membuat Sakit Dan Bengkak, Rentan Terjadi Pada Pria Dewasa Yang Tidak Disunat )

Gedung Baja GF2 Tower B

Jl. Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat