PENYEBAB BUAH ZAKAR GATAL PADA PRIA

gatal pada kantung buah zakar

Sebagian pria pasti pernah merasakan gatal pada daerah vitalnya seperti di sekitar selangkangan hingga ke kantung buah zakar atau skrotum dan menganggapnya sepele. Namun sayangnya, ternyata buah zakar gatal pada kantung bisa sangat berbahaya bila dibiarkan.

Skrotum atau kantung buah zakar adalah kantung yang membungkus testis (buah zakar). Skrotum sendiri terletak di antara penis dan anus serta di depan perineum. Gatal pada kantung buah zakar menandakan ada sesuatu yang salah terhadap kulit kelamin kamu.

Apa Saja Penyebab Gatal pada Kantung Buah Zakar (Skrotum) ?

Ada banyak penyebab gatal pada kantung buah zakar (skrotum) dan kerap disepelekan oleh para pria. Berikut ini ada beberapa penyebab gatal pada kantung buah zakar (skrotum), antara lain:

• Iritasi
    Iritasi kelamin menjadi penyebab utama dan paling sering menyebabkan gatal pada kantung buah zakar. Dikarenakan berada di area vital yang lembab, akibatnya gesekan skrotum dan celana dalam terjadi sering dan berkali-kali dan membuat iritasi bila tidak rajin mengganti celana dalam.

• Infeksi jamur kelamin
    Infeksi jamur Trichophyton rubrum pada kelamin biasanya karena berada di area lembab, akibat keringat, sisa-sisa air yang tidak mengering baik. Sehingga jamur menghinggap karena kelembapan udara di area vital pria meningkat. Jamur tersebut membuat gatal dan membuat kita ingin terus menggaruknya. Dan, apabila terjadi luka atau pun lecet maka infeksi nya menjadi lebih parah. Ciri-cirinya, ruam kemerahan, luka, lecet, dan gatal-gatal. Inilah sebabnya kantong buah zakar skrotum menjadi habitat yang ideal bagi jamur untuk tumbuh.

• Kutil kelamin
    Bakteri ini tersebar melalu hubungan seksual yang tidak sehat. Kutil kelamin yang tumbuh di area vital disebabkan oleh virus HPV. Oleh virus ini menyebabkan kutil dalam jumlah banyak dan gatal yang tak tertahankan.

• Herpes Genital
    Sama halnya dengan kutil kelamin. Penyakit ini juga dipicu dari hubungan seksual dan juga sentuhan. Herpes biasanya membentuk cluster bisul kecil yang terasa gatal dan mengganggu. Rasa gatal juga disertai dengan perasaan tak nyaman hingga tubuh demam. Sekali terena virusnya tidak akan bisa sembuh.

• Trikomoniasis
    Penyakit menular seksual ini disebakan bakteri yang menginfeksi dengan cepat. Rasa gatal pada skrotum dan penis akan terasa terganggu. Selanjutnya saat ejakulasi pria akan merasakan sakit sehingga muncul perasaan tidak nyaman saat berhubungan seksual.

Bahaya Gatal pada Kantung Buah Zakar (Skrotum)

Gatal pada skrotum kerap kali dibiarkan. Tapi siapa sangka gatal tersebut mampu berganti menjadi bakteri dan jamur yang berbahaya Parahnya, jika didiamkan gatal pada kantung buah zakar bisa menyebabkan penyakit kelamin, infeksi menular seksual dan kemungkinan besar kemandulan bila tak ditangani dengan ahlinya.

Bagaimana Mengatasi Gatal pada Kantung Buah Zakar?

Buah zakar sendiri berguna menghasilkan testosteron dan merupakan sistem reproduksi sperma. Dan bila organ ini terganggu maka kemampuan seksual dan reproduksi tidak bekerja sempuran.

Berikut cara mengatasi gatal pada kantung buah zakar;

• Bersihkan area kelamin dan selangkangan sehari-hari. Gunakan sabun berbahan antiseptik dan tidak mengandung parfum.
  • Tidak membiarkan area kelamin menjadi lembab, selalu keringkan dengan kain atau tisu bersih.
  • Rutin mengganti celana dalam setiap harinya. Dikarenakan pria abai dalam mengganti celana, baiknya mulai sekarang kebiasaan tersebut diubah.
  • Setelah melakukan hubungan seksual diwajibkan untuk mandi. Selain tubuh menjadi segar, kotoran yang berada di kantung buah zakar juga bisa hilang dan kamu pun bebas dari penyakit menular seksual.
  • Bersihkan rambut pada skrotum yang berlebihan. Karena apabila tidak dirapikan atau dibersikan bakteri jamur akan bersarang dan bertumbuh subur.

Jika kamu masih merasa gatal pada kantung buah zakar lebih baik berobat ke dokter agar mendapatkan obat dan penanganan yang tepat.

Pengobatan Gatal pada Skrotum di Klinik Pandawa Jakarta

Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli dan berpengalaman di penyakit kulit kelamin. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah life style klinik pandawa. Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relative murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi kami buat pelayanan dan kulitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan berbagai penyebab dan komplikasi kulit dan kelamin. Klinik Pandawa memiliki dokter yang berpengalaman dan ahli dalam menangani penyakit Gatal pada Buah Zakar dan penyakit kelamin lainya. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut, silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami di link konsultasi atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337 whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.