EPIDIDIMITIS : GEJALA, FAKTOR RESIKO, KOMPLIKASI, DAN PENGOBATAN

Penyakit Epididimitis
 Epididimitis atau disebut radang saluran sperma.

Para pria sepertinya perlu waspada dengan penyakit epididimitis atau epididimis. Penyakit Epididimitis merupakan peradangan pada daerah epididimis atau saluran yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan dan penyaluran sperma. Peradangan ini biasanya diakibatkan oleh infeksi atau penyakit menular seksual. Lalu seperti apa penjelasan dari penyakit epididimitis yang perlu diwaspadai pria?

Epididimis merupakan bagian organ reproduksi dalam laki- laki. Pada bagian belakang testis (buah zakar), terdapat saluran melingkar yang disebut dengan epididimis. Saluran ini berfungsi buat menyimpan serta membawa sperma dari testis mengarah vas deferens (saluran panjang yang menyalurkan sperma matang), kemudian ditampung ke uretra. Dalam keadaan tertentu, epididimis bisa hadapi peradangan serta pembengkakan sampai memunculkan rasa perih. Perihal inilah yang disebut dengan epididimitis ataupun radang saluran sperma.

Dilihat dari kondisi radang yang bisa dirasakan, epididimitis dibagi jadi 2 tipe, yakni:

• Epididimitis akut, ialah radang saluran sperma yang berlangsung secara mendadak dan berkembang secara cepat. Tipe epididimitis ini umumnya lebih cepat sembuh karena terjadi kurang dari 6 minggu.
  • Epididimitis kronis, ialah radang saluran mani yang tumbuh secara lama- lama serta memunculkan perih tumpul. Walaupun demikian, tipe epididimitis ini malah berlangsung lebih lama daripada epididimitis kronis, ialah lebih dari 6 minggu.

Tanda-tanda maupun Gejala Epididimitis

Dikala bakteri mulai masuk ke saluran sperma, epididimis akan mulai meradang serta membesar. Kamu umumnya akan merasakan sakit pada salah satu testis, dibanding dua- duanya. Tidak hanya perih, ciri serta indikasi epididimitis merupakan:

• Kantung buah zakar( skrotum) membesar serta kemerahan
  • Sering buang air kecil
  • Muncul tonjolan pada testis
  • Nyeri dikala buang air kecil ataupun ejakulasi
  • Kencing berdarah
  • Rasa tidak nyaman pada perut bawah
  • Pembengkakan kelenjar getah bening pada selangkangan

Tidak seluruh laki- laki akan hadapi tanda dan indikasi epididimitis yang sama, karena ini bergantung dari penyebab epididimitis itu sendiri. Misal, apabila epididimitis Kamu diakibatkan oleh infeksi saluran kencing, maka bisa jadi Kamu akan hadapi perih dikala buang air kecil. Sedangkan bila diakibatkan oleh penyakit kelamin, maka kemungkinan akan ada cairan berbau menusuk yang hendak keluar dari penis Kamu.

Apalagi terdapat ciri serta indikasi yang Kamu rasakan, hendaknya lekas konsultasikan ke dokter untuk memastikan penyebabnya. Semakin segera Kamu mengetahui gejalanya, maka semakin cepat pula penanganannya.

Penyebab Epididimitis

Rata- rata, epididimitis diakibatkan oleh infeksi bakteri. Awal mulanya berlangsung infeksi pada uretra, prostat, ataupun kandung kemih. Kemudian, bakteri yang menimbulkan epididimitis pada mayoritas orang ialah E. coli dan kuman sejenis. Beberapa penyebab dari epididimitis yakni:

• Infeksi saluran kemih, ialah infeksi bakteri yang melanda bagian dari sistem saluran kencing.
  • Amiodarone, ialah salah satu obat jantung yang efek sampingnya bisa membuat peradangan pada epididimis.
  • Epididimitis kimia, ialah ketika urine mengalir masuk kembali ke epididimis yang diakibatkan oleh tubuh yang mengangkut beban berat.
  • Penyakit menular seksual.
  • Luka pada selangkangan.

Faktor Risiko terkena Epididimitis

Terdapat sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena epididimitis. Di antaranya adalah:

• Berhubungan seksual dengan penderita penyakit menular seksual, tanpa menggunakan kondom.
  • Memiliki riwayat infeksi menular seksual
  • Pernah menjalani prosedur medis yang memengaruhi saluran urine.
  • Menderita pembesaran prostat.
  • Pernah mengalami infeksi prostat atau infeksi saluran kemih.
  • Pria yang belum disunat.
  • Memiliki letak anatomis saluran kemih yang tidak normal.
  • Menggunakan kateter urine untuk jangka panjang.

Diagnosis Epididimitis

Seorang pasien dapat dicurigai menderita epididimitis oleh dokter, berdasarkan gejala dan pemeriksaan Fisik, terutama jika ditemukan adanya pembengkakan di Sekitar testis.

Dokter akan menganjurkan beberapa jenis pemeriksaan, seperti:

• Tes sampel cairan. Dokter akan mengusapkan kain penyeka berukuran kecil pada ujung lubang penis untuk mengambil sampel cairan uretra. Tujuannya untuk mengetahui adanya bakteri penyebab penyakit menular seksual.
  • Tes darah dan urine. Tes darah lengkap dilakukan untuk mengetahui keberadaan infeksi dalam tubuh. Sedangkan pemeriksaan sampel urine dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat infeksi saluran kemih.
  • Pemeriksaan  dubur. Tes ini dilakukan untuk mengetahui adanya masalah pada kelenjar prostat.
  • USG. USG dapat memberikan gambaran adanya torsio testis. Sedangkan USG dengan teknologi Doppler, bisa digunakan untuk memeriksa kelancaran aliran darah di testis.

Komplikasi Epididimitis

Beberapa komplikasi yang dapat timbul akibat epididimitis adalah:

• Munculnya abses (infeksi bernanah) pada skrotum.
  • Berkurangnya kesuburan.
  • Robeknya lapisan kulit skrotum.
  • Matinya jaringan testis akibat kekurangan darah (testicular infarction).

Pengobatan Penyakit Epididimitis di Klinik Pandawa

Bila kamu mengalami hal seperti di atas, konsultasikan kepada dokter ahlinya, agar tidak salah dalam menjalani pengobatan. Klinik Pandawa merupakan salah satu klinik spesialis penyakit kelamin terbaik di Jakarta. Fasilitas pelayanan medis yang diberikan antara lain penyakit andrologi, penyakit ginekologi, penyakit bedah, penyakit kulit dan kelamin.

Klinik pandawa didukung dan dilayani oleh para dokter ahli di penyakit kelamin khususnya penyakit Epididimitis. Dibantu oleh para asisten yang berpengalaman, alat-alat medis pemeriksaan dan pengobatan yang lengkap dan canggih, termasuk laboratorium, USG dan rontgen.

Klinik pandawa mengutamakan pelayanan medis yang berkualitas dengan standar nasional. Prinsip profesionalitas, berintegritas, transparan, keterbukaan dan jujur dalam melayani pasien adalah lifestyle klinik pandawa.

Perihal biaya berobat di klinik pandawa sangatlah relatif murah dan terjangkau bagi semua lapisan sosial ekonomi dibanding klinik dan rumah sakit sekitar jakarta. Garansi Kami buat pelayanan dan kualitas pelayanan yang memuaskan dan menyenangkan bagi pasien adalah hal utama.

Klinik Pandawa Jakarta memiliki banyak pasien dengan penyakit Epididimitis dengan berbagai penyebab dan komplikasi. Ada banyak pasien yang telah disembuhkan dan merasa puas dengan pelayanan kami.

Apabila membutuhkan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis ke dokter kami melalui bit.ly/2VdMqLL atau menghubungi 0821-1141-0672/ 021-62313337  whatsapp / SMS / telp. Kami dengan senang hati melayani Anda. Segala rahasia medis terjamin.