Kulit Penis Tidak Dapat Ditarik Kembali Penyebab Paraphimosis

Kulit Penis Tidak Dapat Ditarik Kembali Penyebab Paraphimosis— Setiap laki-laki pasti menginginkan kulit penis (kulup) yang sehat dan normal tanpa ada masalah. Namun perlu diwaspadai jika seorang laki-laki yang tidak di sunat akan lebih beresiko terkena Paraphimosis. Paraphimosis lebih sering terjadi pada laki-laki yang tidak disunat, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor atau adanya infeksi bekteri sehingga menyebabkan kulup menjadi bengkak dan susah untuk ditarik kembali seperti semula. Paraphimosis dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak segera ditangani dan diobati.

Apa Itu Penyakit Paraphimosis?

Paraphimosis merupakan kondisi dimana kulit yang melindungi glans penis (kepala penis) yang disebut juga dengan prepusium tidak bisa ditarik atau dikembalikan pada posisi normal untuk menutup glans penis. Prepusium terjebak di belakang sulkus koronarius. Paraphimosis merupakan kondisi akut dengan tanda inflamasi, kasus kronik jika pengobatan ditunda selama beberapa hari. Paraphimosis pada laki-laki yang tidak disunat (sirkumsisi) dapat terjadi di segala usia, terlebih pada remaja.

Apakah Penyebab dan Faktor Terjadinya Penyakit Paraphimosis?

Pada umumnya anak laki-laki memiliki kulit kulup yang tidak dapat ditarik, hal ini dapat terjadi hingga usia 10 tahun, dan secara paksa menarik kulit kulup kembali sebelum siap untuk melakukannya dapat menyebabkan jaringan parut yang dapat menyebabkan paraphimosis. Pada orang dewasa paraphimosis dapat disebabkan oleh salah satu kondisi atau kegiatan berikut, seperti:

• Kulup yang ditarik terlalu lama selama pemeriksaan medis, setelah dibersihkan, atau setelah buang air kencing.
  • Kulup ketat yang ditarik menyebabkan penis membengkak. Sehingga kulup tidak dapat kembali ke posisi semula
  • Aktivitas seksual yang terlalu kuat, menusuk penis, dan penggunaan kondom pada penis yang menyempit hingga meningkatkan ereksi dengan kompresi.

Faktor terjadinya Paraphimosis juga dapat dihasilkan dari kondisi atau prosedur medis berikut :

• Infeksi karena berbagai faktor, termasuk kebersihan pribadi yang buruk
  • Bekas luka yang disebabkan oleh infeksi pada kulit kulup
  • Terjadinya pembengkakan pada penis dan kulup yang dikarenakan gigitan serangga atau laba-laba.
  • Penyakit Diabetes yang menyebabkan peradangan kronis pada penis.
  • Kateterisasi atau penanganan kulup yang salah, maka pastikan untuk mengembalikan posisi kulup setelah mencuci atau menyisipkan kateter.
  • Tindikan yang menyebabkan rasa sakit dan bengkak pada penis, yang dapat menyulitkan untuk menempatkan kulup kembali di tempat setelah menariknya.
  • Saat berhubungan seksual apabila kulup tetap di pangkal terlalu lama, mungkin batang penis bisa membengkak sehingga kulup tidak dapat kembali pada posisi semula.
  • Kondisi penis lainnya seperti penyakit yang dapat menyebabkan masalah kulup contohnya adalah fimiosis.
  • Mengalami trauma fisik ke area genital dan menarik kulup kembali terlalu kuat

Apa Saja Gejala Penyakit Paraphimosis?

Gejala utama paraphimosis adalah ketidakmampuan mengembalikan kulup kembali ke posisi normal di atas ujung penis. Kulup dan ujung penis mungkin bengkak dan terasa sakit. Ujung penis mungkin juga berwarna merah atau biru gelap karena kurangnya aliran darah. Berikut ini adalah gejala dari paraphimosis:

• Adanya rasa sakit
  • Kepala penis tampak membesar dan bengkak.
  • Ditemukannya jaringan yang membengkak di belakang kepala penis dan sekitar kepala penis.
  • Bayi dan anak-anak yang mengalami paraphimosis dapat mengalami gejala sulit buang air kecil (BAK) dan terhambatnya (obstruksi) urin yang bersifat akut dan berat sehingga berisiko terkena gangguan infeksi saluran kemih.

Apa Bahaya Dan Komplikasi Penyakit Paraphimosis Apabila Tidak Segera Diobati?

Paraphimosis dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak ditangani dengan cepat. Kondisi ini dapat menyebabkan berkurangnya aliran darah di penis, yang menghilangkan jaringan oksigen. Ketika ini terjadi, paraphimosis dapat mengakibatkan:

• infeksi yang parah
  • kerusakan ujung penis
  • gangrene, atau kematian jaringan, yang mengakibatkan hilangnya ujung penis dengan amputasi

Bagaimana Prosedur Pengobatan Yang Dilakukan Terhadap Pasien Paraphimosis Di Klinik Pandawa?

Saat mengevaluasi pasien dengan dugaan paraphimosis, riwayat terperinci  yang akan ditanyakan yaitu mengenai, pernahkah ada riwayat penggunaan alat pada penis atau operasi kandung kemih atau uretra, dan apakah pasien telah disunat atau belum. Dokter dapat mendiagnosis paraphimosis dengan melakukan pemeriksaan fisik dan memeriksa penis. Dokter juga akan bertanya tentang gejala dan masalah lain yang mungkin anda alami dengan penis atau kulup.

Perihal pengobatan penyakit Paraphimosis ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat. Setelah pembengkakan berkurang dan kulup kembali ke posisi normal, kebanyakan pasien bisa sembuh.

Klinik pandawa merupakan salah satu klinik spesialis mengobati penyakit paraphimosis dan penyakit kulit dan kelamin terbaik yang ada di Jakarta. Ada banyak pasien yang sembuh setelah melakukan pemeriksaan dan pengobatan di Klinik Pandawa dan hampir tidak ada keluhan dan komplikasi. Biaya pemeriksaan dan pengobatan di klinik pandawa relative murah dan terjangkau.

Apabila anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis dengan dokter kami dengan cara klik tombol Whatsapp / SMS/ Telp pada tombol Web atau ke nomer HP 0821-1141-0672. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.

Beberapa keunggulan Klinik pandawa antara lain :

• Memiliki fasilitas dan alat medis yang sangat memadai, modern dan lengkap.
  • Semua ruangan full AC
  • Memiliki area parkir luas dan gratis
  • Dilalui semua sarana transportasi seperti angkot, bajaj, busway, kereta KRL
  • Berada disekitar pusat perbelanjaan, mall dan hotel