Hidrokel

Testis atau buah zakar adalah bagian dari sistem reproduksi pria yang bertugas menghasilkan sperma dan hormon testosteron. Sepasang testis ini menggantung di bawah penis dalam kantung kulit yang disebut skrotum.

Hidrokel adalah terkumpulnya cairan di sekeliling testis (buah zakar), yang umumnya tidak sakit dan tidak berbahaya. Meski demikian, penumpukan cairan ini bisa membuat skrotum (kantung buah zakar) membengkak dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Pria dewasa penderita hidrokel biasanya merasa tak nyaman karena membesarnya ukuran skrotum, dan bobotnya juga semakin berat.

Seorang pria akan semakin berisiko menderita hidrokel setelah memasuki usia 40 tahun. Selain itu, pria yang menderita infeksi (termasuk infeksi menular seksual) atau memiliki riwayat cedera skortum juga berisiko terkena penyakit ini. Sedangkan pada bayi, risiko hidrokel akan meningkat jika terlahir prematur.

Gejala Hidrokel

Pada banyak kasus, tidak ada gejala-gejala khusus yang menandakan terjadinya hidrokel. Namun, ada pula yang merasakan nyeri, kulit skrotum menjadi merah, serta rasa tertekan pada bagian pangkal penis. Umumnya rasa sakit baru terasa ketika ukuran skrotum bertambah besar. Ukuran pembengkakan bisa berubah-ubah dalam sehari. Pada bayi, biasanya pembengkakan hidrokel akan hilang dengan sendirinya.

Segeralah berkonsultasi kepada dokter apabila:

• Merasakan nyeri secara tiba-tiba pada skrotum, meskipun tidak ada pembengkakan.
  • Terjadi pembengkakan pada skrotum.
  • Memiliki bayi dengan hidrokel yang tidak menghilang setelah satu tahun.

Klinik Pandawa didirikan dengan berbadan hukum PT. PANDAWA MITRA MEDIKA dengan ijin NOMOR. 3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017. Operasional dari PTSP DKI Jakarta Pusat dan Dinas Kesehatan Jakarta Pusat. Klinik Pandawa ini didirikan oleh beberapa orang dokter yang berpengalaman, serta ahli terhadap kasus-kasus penyakit yang erat kaitannya dengan masalah Penyakit kelamin, Kulit, Bedah umum, dan Perawatan organ reproduksi pria (Andrologi), wanita (Ginekologi) perempuan, orang tua, atau orang muda termasuk anak-anak.

Gedung Baja GF2 Tower B

Jl. Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat