Gonore atau kencing nanah pada pria

Gonore atau lebih dikenal dengan kencing nanah adalah salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri gonoccocus (diplococcus). Angka kejadian penderita dengan penyakit gonore atau penyakit kencing nanah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Laki-laki lebih banyak menderita penyakit gonore atau penyakit kencing nanah  dari pada perempuan. Penyakit gonore atau penyakit kencing nanah bisa menyerang siapa saja.

@kog

Apa Itu Penyakit Gnore (Penyakit Kencing Nanah) ?

Penyakit gonore atau penyakit kencing nanah merupakan penyakit yang terjadi karena terinfeksi kuman atau bakteri gonoccocus. Penyakit gonore atau penyakit kencing nanah ini hampir selalu ditularkan melalui hubungan seksual, baik secara vaginal, dubur, atau mulut. Gejala penyakit gonore atau penyakit kencing nanah pada pria biasanya timbul dalam waktu 2-14 hari setelah terinfeksi. Pada beberapa kasus gejala bisa muncul hingga berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Pada wanita baru mengetahui setelah  mengetahui pasangannya mengalami penyakit gonore atau penyakit kencing nanah.

Apa Saja Gejala Penyakit Gonore (Penyakit Kencing Nanah) ?

Berikut beberapa gejala penyakit gonore atau penyakit kencing nanah pada pria yang sering timbul :

• Muncul dari penis cairan berwarna putih, kehijauan atau kekuningan seperti nanah.
  • Sensi panas terbakar saat buang air kecil.
  • Radang tenggorokan (karena oral seks).
  • Nyeri testis atau bengkak

Sedangkan beberapa gejala penyakit gonore pada wanita agak berbeda dengan pria yakni:

• Keputihan berwarna kuning, keputihan kehijauan
  • Nyeri perut dan nyeri pinggul
  • Sensasi panas terbakar saat buang air kecil
  • Mata gatal dan merah
  • Pendarahan di luar siklus haid
  • Ada flek setelah hubungan
  • Vulva vagina membengkak (vulvitis)
  • Radang tenggorokan (oral seks)

@kog

Bagaimana Penularan Penyakit Gonore (Penyakit Kencing Nanah) ?

Pada umumnya dan secara spesifik penyebab penyakit gonore atau penyakit kencing nanah adalah bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Pria dan wanita bisa saja terinfeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Penularan penyakit gonore atau kencing nanah kebanyakan akibat hubungan seks tanpa menggunakan kondom. Bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus dapat menginfeksi bagian selaput lendir yakni

• Alat kelamin pria dan wanita
    • liang dubur
    • selaput lendir mata
    • Tenggorokan
    • Dubur

• Mulut, tenggorokan

Penyakit gonore atau penyakit kencing nanah dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Infeksi penyakit gonore atau penyakit kencing nanah paling sering terjadi pada orang yang memiliki banyak pasangan seksual. Bakteri penyebab penyakit gonore pada wanita dapat tumbuh di organ yang hangat lembab seperti saluran reproduksi, leher rahim, uterus (rahim), tuba falopi, dan di uretra.

Apa Bahaya Dan Komplikasi Penyakit Gonore Jika Tidak Diobati ?

Penyakit gonore atau penyakit kencing nanah bisa berbahaya dan berdampak pada :

• Gangguan fungsi seksual
  • Gangguan ereksi sampai impoten
  • Gangguan ejakulasi sampai ejakulasi dini
  • Infertil
  • Orchitis sampai nyeri di testis
  • Infeksi kandung kemih sampai ke ginjal
  • Penyakit radang panggul
  • Sulit buang air kecil
  • Epididimitis
  • Prostatitis

@kog

Bagaimana Pencegahan Dan Pengobatan Terhadap Penyakit Gonore (Penyakit Kencing Nanah) ?

Beberapa hal yang bisa dilakukan agar tidak terkena penyakit gonore (Penyakit kencing nanah) antara lain :

• Tidak berganti-ganti pasangan seksual
  • Hanya melakukan hubungan seks dengan pasangan sah.
  • Pergunakan kondom setiap kali berhubungan seksual, terutama jika anda tidak yakin apakah pasangan anda benar-benar bersih atau tidak.
  • Melakukan screening pra-nikah. Kedua belah pihak harus memeriksakan diri apakah mengidap infeksi penyakit menular seksual.

Pengobatan untuk penyakit gonore (penyakit kencing nanah) dibutuhkan antibiotik yang tepat dan tidak menimbulkan resistensi (kekebalan kuman). Sekitar 80% kuman gonore telah resisten (kebal) terhadap semua antibiotik oral. Oleh karena itu untuk pengobatan yang tepat dan efektif terhadap penyakit gonore (penyakit kencing nanah) sebaiknya pakai antibiotik injeksi dengan double antibiotik agar satu sama lain saling menguatkan dan terhindar resiko resistensi (kekebalan) kuman gonore. Lama pengobatan antibiotik injeksi terhadap penyakit gonore (penyakit kencing nanah) sekitar5-7 hari paling cepat dan tanpa komplikasi. Lama pengobatan antibiotik oral terhadap penyakit gonore (penyakit kencing nanah) bisa lebih lama sekita 12-15 hari paling cepat. Kuman gonore mudah resisten dan dormain sehingga perlu kehati-hatian dan pemeriksaan laboratorium ulang untuk memastikan bahwa kuman gonore telah bersih dari kelamin kita. Apabila kuman gonore menjadi dormain maka akan lebih sulit dan lama untuk pengobatan penyembuhan serta resiko timbul komplikasi.

Bagaimana Pengobatan Penyakit Gonore (Penyakit Kencing Nanah) Di Klinik Pandawa

Klinik pandawa memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam melakukan pengobatan penyakit gonore (Penyakit kencing nanah). Pengobatan penyakit gonore haruslah tepat dan efektif sehingga tidak menimbulkan komplikasi dan dormain. Klinik Pandawa memiliki fasilitas dan alat yang sangat memadai, modern dan obat lengkap. Klinik Pandawa juga sudah cukup lama bertahun-tahun melayani pasien dengan penyakit gonore (penyakit kencing nanah) dan penyakit kulit dan kelamin lainnya. Rata-rata semua pasien puas dengan pelayanan dan pengobatan yang di lakukan oleh dokter klinik pandawa. Hampir semua pasien tidak ada yang bermasalah dan sembuh setelah pengobatan, dan hasil pengobatan lebih maksimal. Jika memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.

Gedung Baja GF2 Tower B

Jl. Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat