fbpx

Tidak Sunat, Berisiko Kanker Penis?

Tidak Sunat, Berisiko Kanker Penis?

Penis adalah organ reproduksi laki-laki berbentuk batang yang dilewati sperma dan urine dari dalam tubuh. Mr. P ini merupakan organ seksual laki-laki yang memiliki beberapa jenis jaringan, termasuk kulit, saraf, otot polos, dan pembuluh darah. Kanker penis bisa menjadi salah satu penyakit yang sangat menakutkan bagi pria, karena jenis kanker ini terjadi pada alat vital pria.

Kanker tersebut adalah jenis kanker yang terjadi pada kulit atau jaringan alat vital pria. Setiap jaringan dalam alat vital itu berisi beberapa sel dan berbagai jenis kanker penis bisa berkembang dan tumbuh pada setiap sel tersebut. Hampir semua kasus pada kanker penis dimulai dalam sel-sel kulit Mr.P. Adapun ciri kanker Mr. P adalah:

  • Sakit dan adanya benjolan pada Mr. P yang cepat dan bertambah besar
  • Gatal
  • Mudah berdarah
  • Perubahan warna kulit di daerah yang terkena kanker
  • Penebalan kulup atau kulit Mr. P
  • Ruam

Walaupun beberapa gejala dan cirinya bisa terdeteksi, namun penyebab pasti dari kanker Mr. P belum diketahui sampai saat ini. Tapi, ada beberapa hal yang bisa memicu pria terkena kanker tersebut, seperti merokok. Tidak hanya itu, pria yang terkena human papillomavirus (HPV) yang menyebabkan kutil kelamin juga bisa berkembang menjadi kanker.

Tetapi, Anda tidak perlu khawatir sebab kanker Mr. P dapat dihindari dengan cara sunat. Hal ini didasarkan pada studi yang melaporkan bahwa risiko kanker Mr. P jauh lebih rendah di antara pria yang disunat dibandingkan pria yang tidak.

Di Amerika Serikat, risiko terjadinya kanker Mr. P juga lebih sedikit pada pria yang disunat. Seorang peneliti virus HPV di University of Sydney di Australia, Brian Morris mengatakan, jika kasus kanker Mr. P banyak terjadi di negara-negara di mana disunat jarang dilaksanakan.

Mengapa hal ini terjadi? Ternyata, ada kaitan erat antara sunat dengan kanker Mr. P terletak pada kulup yang berada di alat vital pria itu. Kulup Mr. P pada pria yang tidak disunat akan sulit dibersihkan, sehingga bisa menyebabkan peradangan yang menjadi penyebab umum kanker.

Pria yang tidak disunat juga memiliki risiko lebih besar untuk kontak langsung dengan virus HPV. Dan, HPV akan terjebak di bawah kulup yang lembap. “Di daerah lembap serta hangat tersebutlah, infeksi mudah terjadi,” tambah Moriss. Selain disunat, Anda bisa melakukan berbagai cara untuk mencegah terjadinya kanker Mr. P pada pria, seperti menjaga kebersihan pada bagian alat vitalnya. Karena kebersihan yang buruk dapat membuat peradangan. (DV).

Anda dapat melakukan sunat di Klinik Pandawa, yang menyediakan proses sunat dengan menggunakan teknologi terkini, seperi sunat laser yang dibantu oleh dokter dan tim medis yang berpengalaman. Silahkan Konsultasikan terlebih dahulu di Telp/WA : 0813 8635 7762 | (Hotline) 021-62313337

Gedung Baja GF2 Tower B

Jl. Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat

0821-1141-0672

Chat dengan kami

Jam buka

Sen - Sab: 09:00 - 20:00

pandawaklinik@gmail.com

Email kami
   Konsultasi Online Gratis