Prostatitis bisa menyebabkan kemandulan

prostat merupakan kelenjar kecil pada laki-laki dan bagian dari sistem reproduksi laki-laki. Yang terletak pada bagian bawah kandung kemih dan di depan rektum. Kelenjar prostat berfungsi untuk membantu dalam produksi air mani atau sperma yang dibawa dari testis ketika terjadi ejakulasi pada laki-laki. Karena fungsinya yang sangat penting, jika terjadi masalah pada prostat tentu akan mengganggu reproduksi laki-laki. Terdapat beberapa masalah dan penyakit yang dapat menyerang prostat salah satunya adalah prostatitis. Masalah ini bisa ditimbulkan oleh beberapa hal, termasuk berhubungan seks yang tidak biasa atau tidak nyaman.

Apa Itu Penyakit Prostatitis?

Prostatitis adalah peradangan kelenjar prostat yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang diklasifikasikan menjadi prostatitis inflamasi bakterial akut, kronis, asimtomatik, dan sindrom nyeri panggul kronis. empat jenis prostatitis tersebut memiliki masing-masing jenis bakteri yang berbeda dan menimbulkan rasa sakit pada prostat.

Apakah Penyebab dan Faktor Terjadinya Penyakit Prostatitis?

Berbagai jenis bakteri dapat menyebabkan prostatitis. Bakteri tersebut juga dapat menyebabkan infeksi kandung kemih. Salah satu penyebab umum di antaranya pria usia 35 dengan Escherichia coli atau dengan Infeksi menular seksual (IMS), termasuk gonore, dan klamidia. Cedera pada kelenjar prostat, gangguan sistem saraf atau sistem kekebalan juga dapat menyebabkan prostatitits. Dalam banyak kasus, penyebab pasti prostatitis kronis tidak diketahui. Meskipun pria dari segala usia dapat mengembangkan prostatitis, pria yang lebih tua juga lebih beresiko untuk mengalaminya dari pada pria yang lebih muda. Apabila anda berusia di atas 50 tahun dan memiliki prostat yang membesar maka anda memiliki resiko yang tinggi untuk mengembangkan kondisi ini.

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko prostatitis adalah :

• kateter urin dimasukkan
  • infeksi kandung kemih
  • trauma panggul
  • serangan prostatitis di masa lalu
  • Melakukan hubungan seks tanpa kondom dan menjadi HIV positif juga meningkatkan peluang untuk terkena prostatitis

Apa Saja Gejala Penyakit Prostatitis?

Beberapa pria dengan prostatitis tidak mengalami gejala sama sekali, sementara yang lain melaporkan banyak yang mengalami gejala seperti rasa sakit yang hebat. Tampaknya tiba-tiba datang dengan gejala yang parah. Prostatitis inflamasi asimtomatik tidak menyebabkan gejala yang nyata. Gejala prostatitis bervariasi, tergantung apakah itu akut atau kronis. Dapat dilihat sebagai berikut :

Prostatitis bakteri akut biasanya dapat muncul dengan gejala yang cepat, seperti:

• Demam, menggigil, nyeri sendi, dan pegal-pegal.
  • Aliran urine lemah dan nyeri saat berkemih.
  • Nyeri punggung bawah.
  • Nyeri pada pangkal penis atau bagian belakang skrotum.
  • Selalu terasa ingin buang air besar.

Prostatitis bakteri kronis tidak memiliki gejala yang berhubungan dengan demam, menggigil, pegal-pegal, dan nyeri sendi. Namun gejala lain yang dialami yang dapat dilihat sebagai berikut :

• Selalu ingin buang air kencing pada malam hari atau tidak dapat buang air kecil sama sekali.
  • Nyeri punggung bagian bawah, daerah dubur atau anus, dan nyeri pada saat kencing berkemih.
  • Rasa berat di belakang skrotum.
  • Nyeri setelah melakukan ejakulasi serta terdapat darah pada sperma.

Chronic prostatitis/chronic pelvic pain syndrome (CP/CPPS). Dengan gejala utama seperti nyeri yang dirasakan lebih dari tiga bulan pada salah satu bagian tubuh, salah satu contohnya adalah penis atau bagian kepala penis, bagian perut bawah atau punggung bawah, serta skrotum dan dubur. Untuk gejala lain sama halnya dengan gejala yang terjadi pada prostatitis bakteri kronis.

Asymptomatic inflammatory prostatitis biasanya tidak memiliki  gejala apapun yang dirasakan, seringkali ditemukan saat pemeriksaan kesehatan pada prostat.

Prostatitis adalah kondisi umum, dengan sekitar 50 persen dari semua pria cenderung mengalaminya dalam kehidupan mereka. Prostatitis akut, di sisi lain cukup langka. Meskipun demikian, biasanya mudah didiagnosis karena karakteristik yang berbeda. Beberapa gejala prostatitis akut yang paling umum mirip dengan ISK. Dapat dilihat sepereti gejala berikut:

• demam
  • nyeri di panggul
  • darah dalam urin
  • panas dingin
  • nyeri di atas tulang panggul
  • sakit di rektum, testikel, atau alat kelamin
  • nyeri saat buang air kecil
  • peningkatan frekuensi buang air kecil
  • urin berbau tidak enak
  • nyeri atau tidak nyaman saat buang air besar
  • aliran urin yang melemah
  • ejakulasi menyakitkan
  • darah dalam air mani
  • kesulitan memulai buang air kecil
  • kesulitan mengosongkan kandung kemih

Apa bahaya dan komplikasi Penyakit Prostatitis apabila tidak segera diobati?

Komplikasi prostatitis akut menimbulkan kelainan semen dan infertilitas. Prostatitis akut dapat menyebabkan penyumbatan uretra. Ketika ini terjadi, seseorang akan mengalami rasa sakit dan ketidaknyamanan di kandung kemih. Jika tidak ditangani, kandung kemih yang tersumbat dapat menyebabkan kerusakan ginjal permanen.

Komplikasi lain mungkin termasuk:

• radang epididimis, tabung melingkar di belakang buah zakar
  • bakteremia, infeksi bakteri pada darah
  • abses prostat, kantong berisi nanah di prostat
  • kelainan sperma
  • infertilitas

Apakah pengobatan atau prosedur yang dilakukan terhadap Paraphimosis?

Jika anda mencurigai bahwa anda menderita prostatitis, buatlah segera janji dengan dokter. Mereka akan menanyakan kemungkinan penyebab lain dari gejala yang anda rasakan. Misalnya, prostat membesar, sistitis, dan beberapa kondisi lain dapat menyebabkan gejala serupa. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, termasuk pemeriksaan prostat. Dokter anda juga perlu menentukan jenis prostatitis yang anda miliki serta melakukan tes darah dan analisis urin.

Perihal pengobatan penyakit Prostatitis ini membutuhkan penanganan dan pengobatan yang tepat dari tenaga kesehatan yang profesional serta terlatih pada bidangnya. Pengobatan secara medis tidak dapat dilakukan sendiri tanpa pengawasan dokter, oleh karena itu dibutuhkan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut terhadap penyakit agar didapatkan hasil yang akurat dan penanganan yang tepat.

Bagaimana Pengobatan Penyakit Prostatitis Di Klinik Pandawa Jakarta ?

Kami klinik pandawa yang berada dijakarta pusat memiliki banyak pasien dengan penyakit Prostatitits disertai berbagai komplikasi dan penyebab. Klinik Pandawa juga memiliki dokter ahli dan berpengalaman dalam menangani penyakit Prostatitits ataupun penyakit kelamin lainnya. Banyak pasien yang telah berhasil disembuhkan dan menyatakan puas dengan pelayanan medis yang kami berikan. Biaya berobat di klinik pandawa juga relatif terjangkau dan murah. Fasilitas yang dimiliki oleh klinik pandawa antara lain semua ruangan full AC, parkir luas dan gratis, tersedia  laboratorium, apotik, rontgen dan USG, memiliki alat medis modern termasuk alat laser.

Jika anda memerlukan informasi dan pengobatan lebih lanjut silahkan berkonsultasi online gratis pada dokter kami dengan cara klik tombol konsultasi Telp / WA / SMS pada web. Kami dengan senang hati melayani anda. Segala rahasia medis pasien terjamin.

Disclaimer: “Hasil pengobatan mungkin tidak persis sama karena tergantung situasi dan kondisi pasien”