Peyronie

Penyakit Peyronie adalah masalah pada penis yang disebabkan oleh jaringan parut, atau disebut plak, yang terbentuk di dalam penis. Penyakit ini dapat membuat penis bengkok ke atas atau ke samping. Kebanyakan pria dengan penyakit Peyronie masih bisa berhubungan seks. Tapi, mungkin terasa sangat sulit dan menyakitkan. Meskipun ada pengobatan untuk Peyronie ini, namun sebenarnya itu tidak selalu diperlukan, karena penyakit Peyronie dapat menghilang dengan sendirinya.

Tanda dan gejala penyakit Peyronie

Bagi sebagian pria, penyakit Peyronie dapat muncul dengan cepat, atau dalam semalam. Bagi orang lain, penyakit ini berkembang secara bertahap. Berikut tanda dan gejala yang sering terjadi:

1. Plak (nodul)

Plak adalah benjolan yang menebal atau berkembang di bawah kulit batang penis. Plak disebabkan oleh penumpukan kolagen yang berlebih dan munculnya jaringan parut di dalam penis. Plak ini berbeda dari plak yang ada di pembuluh darah. Plak dapat muncul di sepanjang batang penis, tetapi sering kali muncul di sisi atas. Banyak pria bisa merasakan plak di bawah kulit. Plak awalnya sangat lembut, namun akan mengeras seiring waktu.

Karena plak terdiri dari jaringan parut, mereka tidak meregang seperti jaringan normal lainnya di penis, sekaligus mencegah daerah yang terkena untuk memanjang selama ereksi. Hal inilah yang menyebabkan perubahan bentuk penis (atau bisa disebut sebagai deformitas penis), salah satunya penis bengkok.

2. Perubahan bentuk penis saat ereksi, termasuk penis bengkok

Perubahan bentuk penis mungkin termasuk bengkok, menekuk, menyempit, atau memendek. Kebanyakan pria yang mengidap Peyronie memiliki kecacatan bentuk penis, dan penis bengkok adalah hal yang paling umum terjadi. Karena kecacatan ini disebabkan oleh plak yang tidak berkembang seperti jaringan penis normal, maka kecacatan tersebut dapat terdeteksi selama ereksi.

3. Nyeri penis

Nyeri penis dapat terjadi dengan atau tanpa ereksi. Lebih dari separuh pria memiliki pengalaman nyeri penis. Bagi banyak orang, itu adalah salah satu gejala pertama yang mereka perhatikan. Meskipun nyeri biasanya terjadi selama ereksi, namun nyeri juga biasa terjadi ketika penis melemas karena peradangan di daerah yang terkena plak. Nyeri saat ereksi dapat disebabkan oleh ketegangan pada plak, dan rasa sakit akan mereda dalam 12-18 bulan setelah gejala tersebut dimulai.

4. Disfungsi ereksi

Penyakit Peyronie dapat menyebabkan disfungsi ereksi alias impotensi. Diperkirakan bahwa lebih dari dua per tiga pria dengan penyakit ini mengalami disfungsi ereksi. Meskipun beberapa dari mereka mengalami penyakit lain yang menyebabkan impotensi (seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes), namun tidak diragukan bahwa penyakit Peyronie sendiri benar-benar menyebabkan masalah ereksi, seperti:

• Penis bengkok. Kelengkungan penis dapat mencegah hubungan seksual atau menyebabkan rasa sakit bagi pasangan pria. Kombinasi dari kebengkokan dan penyempitan poros dapat menyebabkan ketidakstabilan penis, bahkan ketika ereksi berada di titik maksimum, sehingga menyebabkan penis melengkung ke atas.
  • Nyeri penis. Beberapa pria mungkin ada yang menghindari ereksi karena nyeri pada penis.
    Kecemasan. Kecemasan mengenai kinerja atau kondisi penis dalam hubungan seksual dapat mencegah seorang pria untuk mendapatkan atau mempertahankan ereksi.
  • Perubahan fisik di dalam penis. Plak dapat merusak jaringan ereksi dalam penis dan mencegahnya untuk berfungsi dengan baik. Ereksi mungkin tidak akan terjadi atau penis tidak dapat mengeras dengan adanya plak.

Klinik Pandawa didirikan dengan berbadan hukum PT. PANDAWA MITRA MEDIKA dengan ijin NOMOR. 3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017. Operasional dari PTSP DKI Jakarta Pusat dan Dinas Kesehatan Jakarta Pusat. Klinik Pandawa ini didirikan oleh beberapa orang dokter yang berpengalaman, serta ahli terhadap kasus-kasus penyakit yang erat kaitannya dengan masalah Penyakit kelamin, Kulit, Bedah umum, dan Perawatan organ reproduksi pria (Andrologi), wanita (Ginekologi) perempuan, orang tua, atau orang muda termasuk anak-anak.

Gedung Baja GF2 Tower B

Jl. Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat