Penyebab dan Gejala Testis Besar Sebelah

Testis Besar Sebelah Berbahaya???

Testis merupakan bagian dari organ reproduksi laki-laki dan bertanggung jawab untuk produksi sperma. Memiliki kondisi testis sedikit lebih besar dari yang lain adalah normal. Umumnya testis kiri sedikit lebih rendah dari pada sebelah kanan.

Namun jika jika ukuran testis kanan dan kiri dilihat sangat nyata berbeda ukurannya, maka perlu diperhatikan apakah perbedaanya cukup besar atau tidak dan perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis kanan Anda apakah teraba keras dan semakin membesar. Maka hal ini akan patut dicurigai akan adanya tumor atau adanya cairan pada testis Anda.

Jika ada sedikit perbedaan dalam ukuran antara testis ketika perbedaannya lebih besar, peningkatan abnormal atau atrofi testis, mungkin merupakan tanda dari sebuah penyakit testis besar sebelah.

Memiliki testis besar sebelah tentunya akan sangat menakutkan bagi seorang pria. Beberapa masalah yang dapat menyebabkan testis besar sebelah (peningkatan atau penurunan ukuran testis) adalah: orchiepididymitis (infeksi pada testis dan epididimis), hidrokel, dipenjara hernia, torsi testis, TBC testis, penggunaan steroid dan tumor.

Dalam situasi normal, testis disimpan dalam skrotum dari ukuran yang dapat bervariasi 3,5-5 cm, dengan volume perkiraan 30 ml. Perubahan keseimbangan hormon yang terjadi ketika seorang pria berusia lanjut menjadi penyebab pemicu dari penyakit testis bengkak sebelah ini. Sehubungan dengan faktir usia, kadar testosteron menurun, sedangkan kadar hormon lainnya meningkat.

Hasil peningkatan penurunan kadar testosteron(dihidrotestosteron) merupakan faktor yang memicu pertumbuhan sel dalam prostat. Hal ini menyebabkan pembesaran kelenjar dan pengetatan akibat dari uretra dalam kelenjar. Penyebab testis besar sebelah (Benign Prostatic Hyperplasia / BPH)lainnya termasuk neoplasma, arteriosklerosis, peradangan, dan metabolik atau gangguan gizi.

Ketika uretra prostat terkompres maka aliran kemih akan terhambat. Kandung kemih tidak dapat dikosong sehingga sisa urin dapat menyebabkan infeksi atau pembentukan batu.

Gejala Testis Besar Sebelah

Penyakit testis besar sebelah tidak boleh disepelekan, harus diwaspadai , karena testis besar sebelah merupakan salah satu gejala ketidaksuburan pada pria. Beberapa gejala testis besar sebelah anatara lain berupa :

• Adanya rasa sakit pada buah zakar; Rasa sakit pada gejala testis besar sebelah ini disebabkan karena munculnya tonjolan pada buah zakar.
  • Timbulnya nyeri pada persendian;Nyeri pada persedian disebabkan karena adanya gangguan pembesaran buah zakar yang berhubung dengan testis besar sebelah
  • Buang air menjadi tak menentu
  • Gejala testis besar sebelah ini dikarenakan urin mengalir tidak lancar sehingga menyebabkan rasa ingin buang air sering tidak menentu.
  • Terasa sakit dan perih jika disentuh;Gejala testis besar sebelah ini yaitu buah zakar akan terasa sakit saat disentuh dan pertumbuhan penyakit ini membahayakan karena menyebabkan kemandulan.
  • Ketidaknyamanan pada saluran kantung kemih
  • Rasa panas dan kemerahan pada buah zakar
  • Dan nyeri saat beraktifitas ataupun berjalan

Salah satu gejala testis besar sebelah adalah adanya rasa nyeri di bawah perut dan selangkangan yang mengakibatkan rasa sakit yang menimbulkan ketidaknyaman pada saat beraktifitas.

Penyebab Testis Besar Sebelah

Jika Anda ingin mengetahui apakah testis memiliki kapasitas yang baik, maka harus dilakukan pemeriksaan uji laboratorium yaitu analisis sperma. Ada beberapa kondisi yang dapat mengubah ukuran testis, baik dengan meningkatkan atau menurunkan volume.

Penyebab testis besar sebelah adalah sebagai berikut:

Hidrokel

Disebabkan oleh akumulasi cairan dalam skrotum, dengan tidak ada perubahan nyata dalam testis itu sendiri; paling sering adalah penyebab jinak (trauma, infeksi)

Orchitis

Infeksi testis biasanya menyebabkan rasa sakit dan organ augmentation, umumnya unilateral; respon yang baik terhadap pengobatan tentunya dengan antibiotik

Tumor testis

Tidak seperti mayoritas tumor ganas, kanker testis terutama mempengaruhi remaja dan dewasa muda; setiap peningkatan testis menyakitkan dalam kelompok usia ini, dan harus segera diselidiki

Trauma

Awalnya ada peningkatan testis oleh pendarahan di dalam tubuh; jika trauma yang signifikan, mungkin ada atrofi testis lebih lanjut dengan penurunan ukuran

Kriptorkismus

Beberapa anak dapat lahir tanpa testis di skrotum, karena ini tidak dibawah rongga perut; jika tidak didiagnosis dan diobati dini, maka kondisi ini dapat menyebabkan atrofi dan bahkan hilangnya testis.

Bedah

Terutama dalam operasi hernia, jika ada kerusakan pada arteri testis (yang berada di kawasan inguinal, ‘selangkangan’) dapat terjadi atrofi dan hilangnya fungsi testis.

Jadi jika ada perubahan dalam ukuran testis, baik besar atau kecil, jika dirasakan sangat mengganggu, dan bagi para pria disarankan Anda mengunjungi dokter bedah ataupun dokter andrologi ayang ahli dan berpengalaman di Klinik Pandawa untuk pemeriksaan fisik lengkap, melakukan diagnosis dan untuk mendapatkan penanganan secara tepat atau Konsultasikan lebih dahulu di Telp/WA : 0813 8635 7762 | (Hotline) 021-62313337

Disclaimer: “Hasil pengobatan mungkin tidak persis sama karena tergantung situasi dan kondisi pasien”