fbpx

Penanganan Fimosis

Penanganan Fimosis

Fimosis bisa disebabkan oleh bawaan sejak lahir (kongenital) maupun didapat, merupakan kondisi dimana kulit yang melingkupi kepala penis (kulup) tidak bisa ditarik ke belakang untuk membuka seluruh bagian kepala penis. Fimosis kongenital seringkali menimbulkan fenomena ballooning, yakni kulit preputium mengembang saat berkemih karena desakan pancaran air seni tidak diimbangi besarnya lubang di ujung preputium.

Untuk memastikan hal tersebut, Anda dapat mencoba menarik ke belakang kulit yang melingkupi kepala penis (kulup) pada anak Anda. Jika memang tidak bisa ditarik ke belakang maka anak Anda mengalami fimosis.

Jika fimosis menyebabkan komplikasi seperti hambatan aliran air seni, diperlukan tindakan sirkumsisi atau sunat (membuang sebagian atau seluruh bagian kulit preputium) atau teknik bedah plastik lainnya seperti preputioplasty (memperlebar bukaan kulit preputium tanpa memotongnya). Hal ini diperlukan sesegera mungkin untuk mencegah komplikasi berlanjut seperti infeksi pada saluran kemih dan atau peradangan/pembengkakan pada kulup dan kepala penis (balanopostitis).

Namun diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit anak Anda. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dan memeriksakan anak Anda ke dokter ahli dan berpengalaman.

Klinik Pandawa didirikan dengan berbadan hukum PT. PANDAWA MITRA MEDIKA dengan ijin NOMOR. 3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017. Operasional dari PTSP DKI Jakarta Pusat dan Dinas Kesehatan Jakarta Pusat. Klinik Pandawa ini didirikan oleh beberapa orang dokter yang berpengalaman, serta ahli terhadap kasus-kasus penyakit yang erat kaitannya dengan masalah Penyakit kelamin, Kulit, Bedah umum, dan Perawatan organ reproduksi pria (Andrologi), wanita (Ginekologi) perempuan, orang tua, atau orang muda termasuk anak-anak.

Gedung Baja GF2 Tower B

Jl. Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat

0821-1141-0672

Chat dengan kami

Jam buka

Sen - Sab: 09:00 - 20:00

pandawaklinik@gmail.com

Email kami
   Konsultasi Online Gratis