fbpx

Parafimosis

Parafimosis

Parafimosis adalah suatu kondisi di mana kulup penis tidak dapat ditarik ke depan atau hingga ke kepala penis. Kondisi ini dapat menyebabkan kulup penis menjadi bengkak dan terjebak. Akibatnya peredaran darah ke ujung penis dapat menjadi lambat atau terhenti.

Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri dan komplikasi yang serius jika dibiarkan. Komplikasi yang dapat terjadi meliputi infeksi serius, kerusakan pada ujung kepala penis, dan gangrene atau kematian jaringan ujung kepala penis.

Parafimosis hanya dapat terjadi pada laki-laki yang belum melakukan sunat atau sirkumsisi. Kondisi ini termasuk kasus emergensi atau gawat darurat.

Parafimosis biasanya terjadi ketika kulup penis tidak bisa kembali ketika diperiksa atau setelah melakukan suatu prosedur. Penyebab lain meliputi:

  • infeksi
  • trauma fisik pada area genital
  • memiliki kulup penis yang lebih ketat daripada normal
  • menarik kulup penis ke belakang dengan kasar
  • membiarkan kulup penis tertarik ke belakang dalam jangka waktu cukup lama

Gejala parafimosis yang sering dikeluhkan penderitanya meliputi:

  • tidak dapat mengembalikan kulup penis ke ujung depan kepala penis
  • kulup penis bengkak
  • kulup penis nyeri
  • ujung kepala penis yang berwarna merah tua atau biru karena kurang peredaran darah

Penanganan parafimosis dapat dilakukan dengan cara mengembalikan kulup penis pada posisi normal secepatnya. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan dokter. Jika dibiarkan, parafimosis dapat menyebabkan infeksi yang serius atau kehilangan ujung penis.

Prosedur sunat atau sirkumsisi mungkin diperlukan dalam kasus parafimosis yang parah. Sehingga dapat mencegah kejadian parafimosis di kemudian hari.

Satu-satunya cara yang pasti akan mencegah parafimosis adalah dengan prosedur sunat atau sirkumsisi.

Klinik Pandawa didirikan dengan berbadan hukum PT. PANDAWA MITRA MEDIKA dengan ijin NOMOR. 3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017. Operasional dari PTSP DKI Jakarta Pusat dan Dinas Kesehatan Jakarta Pusat. Klinik Pandawa ini didirikan oleh beberapa orang dokter yang berpengalaman, serta ahli terhadap kasus-kasus penyakit yang erat kaitannya dengan masalah Penyakit kelamin, Kulit, Bedah umum, dan Perawatan organ reproduksi pria (Andrologi), wanita (Ginekologi) perempuan, orang tua, atau orang muda termasuk anak-anak.

 

 

 

Share:

Gedung Baja GF2 Tower B

Jl. Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat

0821-1141-0672

Chat dengan kami

Jam buka

Sen - Sab: 09:00 - 20:00

pandawaklinik@gmail.com

Email kami
   Konsultasi Online Gratis