Lichen sclerosus

Lichen sclerosus adalah penyakit kulit yang umum. Penyakit ini seringkali memengaruhi kulit bagian alat kelamin dan anus. Biasanya terjadi pada vulva (bibir vagina bagian luar) wanita, sedangkan pria mungkin dalam kelenjar. Kadang-kadang, Lichen sclerosus mungkin muncul di bagian atas tubuh, seperti dada dan lengan.

Lichen sclerosus umumnya menjangkiti wanita. Namun, laki-laki dan anak-anak juga bisa terkena penyakit ini. Pada wanita, penyakit ini biasanya terjadi pada wanita setelah masa menopause, dan pada pria yang berusia 40-60. Anda dapat mengurangi kemungkinan terkena kondisi ini apabila menghindari faktor berisiko. Mohon diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Apa saja tanda-tanda dan gejala lichen sclerosus?

Ketika penyakit ini terjadi pada bagian selain alat kelamin, pasien sering tidak memiliki gejala apapun. Wanita dengan penyakit vulva sering memiliki sedikit kulit tambalan berwarna putih, gatal-gatal, dan halus. Kulit menjadi lebih tipis dari normal. Menggosok atau menggaruk dapat menyebabkan luka, gatal, perdarahan genital dan memar. Pasien bisa merasa panas atau sakit saat buang air kecil dan terutama selama seks. Pada anak-anak, penyakit ini biasanya terjadi di sekitar anus, yang dapat menjadi tidak nyaman dan kemudian menyebabkan sembelit.Kebanyakan pria yang mengeluhkan penyakit ini disebabkan oleh tidak disunat. Kadang-kadang, pasien merasa nyeri saat ereksi, dan terjadi penyempitan serta penyumbatan pada uretra (tabung yang membawa urin). Selain itu, masih terdapat juga beberapa ciri dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Apabila Anda memiliki keluhan yang sama, tolong konsultasikan kepada dokter.

Hubungi dokter Anda jika Anda melihat gejala seperti:

• Munculnya lesi (kulit gatal) baru pada tubuh, kulit lesi di area alat kelamin;
  • Tidak dapat menarik kulup penis ke depan;
  • Nyeri saat berhubungan seks atau rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil;
  • Periksa dengan dokter Anda secara berkala dari 6 sampai 12 bulan.

Status dan kondisi dapat berbeda pada setiap orang, maka selalu diskusikan dengan dokter tentang metode diagnosis, pengobatan, dan perawatan terbaik bagi Anda.

Gedung Baja GF2 Tower B

Jl. Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat