Gejala Umum Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Infeksi Saluran kemih (ISK) adalah infeksi yang secara umum dapat mempengaruhi kandung kemih, ginjal dan tabung yang terhubung dengan mereka dan hampir sebagian besar kasus infeksi saluran kencing disebabkan oleh adanya bakteri E Coli, namun beberapa kasus bisa disebabkan oleh adanya jamur dan jarang terjadi oleh virus.

Ternyata pada umumnya infeksi saluran kencing dapat terjadi di saluran kemih dan saluran kemih Anda terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra akan tetapi sebagian besar ISK hanya melibatkan uretra dan kandung kemih, pada saluran bawah.

Namun ISK dapat melibatkan ureter dan ginjal, di saluran atas, akan tetapi meskipun infeksi saluran kencing atas lebih jarang terjadi daripada ISK saluran bawah akan tetapi biasanya juga lebih parah, lalu apakah infeksi saluran kencing pada pria bisa menimbulkan gejala ?

Gejala Infeksi Saluran Kencing Pada Pria

Perlu Anda ketahui bahwa hampir sebagian besar gejala infeksi saluran kencing pada pria tergantung pada bagian saluran kemih mana yang terinfeksi, dan berikut di bawah ini adalah beberapa gejala yang perlu Anda waspadai diantaranya adalah sebagai berikut :

Terasa Nyeri, terbakar Saat Buang Air kecil

Terasa nyeri atau terbakar saat kencing merupakan tanda pertama ISK atau bakteri di uretra atau kandung kemih. Namun, itu tidak berarti Anda memiliki ISK penuh kecuali jika terus berlanjut.

Jadi jika Anda hanya merasa sakit atau nyeri sesekali dan tidak lagi mengalaminya berarti Anda tidak menunjukkan tanda atau gejala lain maka Anda tidak perlu khawatir, sebaliknya jika Anda mengalami gejala tersebut secara sering maka Anda harus segera memeriksan kondisi tersebut kepada dokter.

Untuk mengatasi hal tersebut maka Anda dapat meminum banyak air putih karena dapat membantu untuk membersihkan sejumlah kecil bakteri dan membantu untuk mencegah infeksi tumbuh menurut Lisa Dabney, MD, seorang ahli urologi di Gunung Sinai Barat dan Gunung Sinai St. Luke’s.

Lebih Sering Untuk Buang Air Kecil

Jika Anda baru saja buang air kecil tapi setelah beberapa detik ingin kembali buang air kecil maka itu adalah salah satu gejala ISK lainnya karena pada umumnya bakteri tersebut mengiritasi uretra dan lapisan kandung kemih sehingga membuat Anda merasa sangat ingin bung air kecil secara terus-menerus.

Kandung Kemih Sering Terasa Penuh

Tahukah Anda bahwa ISK dapat membuat Anda merasa memiliki kandung kemih yang terasa penuh? Sehingga Anda harus sering bulak-balik untuk ke toilet dan ada baiknya Anda segera mewaspadai hal ini dan segera hubungi dokter Anda.

Air Urin Berawan, Berdarah, Atau Berubah Warna

Ternyata perubahan warna air urin dapat memberitahu Anda akan kondisi kesehatan salah satunya adalah tanda bahwa terdapat adanya infeksi, apalagi jika air urin Anda sudah berwarna kuning, berawan, coklat atau bahkan berdarah karena merupakan pertanda adanya ISK.

Namun, Anda tak perlu panik terlebih dahulu karena beberapa makanan diketahui bisa menyebabkan perubahan air urin seperti mengkonsumsi buah bit atau makanan lainnya, jadi jika air urin Anda berubah warna karena makanan maka Anda tak perlu mengkhawatirkannya.

Air Urin Berbau

Gejala infeksi saluran kencing selanjutnya adalah air urin yang berbau tajam, namun, dalam beberapa kondisi tertentu makanan juga bisa menyebabkan kencing Anda menjadi berbau, seperti minum kopi mengkonsumsi asparagus adalah dua penyebab yang mungkin terjadi.

Jadi jika air urin Anda masih berbau setelah beberapa hari setelah mengkonsumsi makanan tersebut dibarengi dengan gejala ISK lainnya maka segeralah konsultasikan kepada dokter Anda.

Terasa Nyeri, Tertekan Di Sekitar Kandung Kemih Atau Panggul

Wanita yang lebih tua khususnya mungkin bisa mengalami kram, tekanan, atau sakit pada bagian perut saat mereka memiliki ISK.

Bahkan pada beberapa wanita, rasa sakit atau kram mungkin merupakan gejala yang paling menonjol bersamaan dengan nyeri otot dan merasa lelah, menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases.

Namun, sayangnya gejala ini sering mudah diabaikan atau dikaitkan dengan hal lain, namun penting untuk memperhatikannya dan segeralah konsultasikan kepada dokter Anda untuk mengatasi hal tersebut.

Itulah tadi berbagai macam gejala infeksi saluran kencing pada pria dan misalkan Anda merasa memiliki salah satu dari gejala diatas maka sudah saatnya Anda untuk memeriksakan kondisi tersebut di Klinik Pandawa.

Jln Pangeran Jayakarta No.55, Gedung Baja Lt GF2 Tower B, Mangga Dua Selatan, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10730, Telp/WA : 0813 8635 7762 | (Hotline) 021-62313337

Gedung Baja GF2 Tower B

Jl. Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat