Pria Belum Sunat Cenderung Terkena Penyakit Balanitis

Pengertian

infeksi bakteri, virus, atau jamur. Penyakit ini lebih banyak dialami oleh anak laki-laki atau laki-laki dewasa yang tidak disunat.

Penyebab

Balanitis bisa terjadi karena faktor kebersihan yang kurang diperhatikan di seputar area penis. Akibatnya, area ini lebih rentan mengalami infeksi, yang dapat berupa:

• Infeksi jamur
  • Infeksi bakteri yang berkembang biak di bagian bawah kulup penis (pada penis yang tidak disunat)
  • Penyakit menular seksual, seperti herpes simpleks, klamidia, atau sifilis

Balanitis juga dapat disebabkan karena kelainan kulit di penis seperti:

• Eksim (disebut juga dermatitis atopik), yaitu kelainan kulit akibat alergi yang ditandai dengan kulit yang kering, kemerahan, dan gatal.
  • Psoriasis, yaitu kelainan autoimun di kulit yang ditandai dengan kulit yang sangat kering dan kerak kulit yang tebal.
  • Dermatitis kontak, suatu peradangan kulit akibat paparan zat kimia tertentu, misalnya kondom, sabun, dan sebagainya.

Seseorang lebih rentan terkena balanitis bila ia mengalami kondisi:

• Diabetes, terutama bila kadar gula darah tidak terkontrol. Kadar gula tinggi di air seni pada penderita diabetes bisa menyebabkan bakteri di penis berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan infeksi.
  • Fimosis, yaitu kondisi kulup penis yang terlalu ketat dan menyebabkan kulup penis tidak dapat ditarik ke belakang.
  • Laki-laki tidak disunat yang tidak membersihkan kotoran (smegma) di bawah kulup penisnya.

Gejala

Balanitis menimbulkan beberapa gejala, di antaranya seperti:

• Kemerahan dan bengkak pada kepala penis
  • Penis berbau
  • Rasa gatal atau perih pada kepala penis
  • Adanya nanah di bawah kulup penis
  • Nyeri saat buang air kecil

Bila mengalami gejalanya, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Ingat, jangan menunda-nunda! Balanitis bisa terus berkembang hingga mengancam nyawa bila dibiarkan.

Klinik Pandawa didirikan dengan berbadan hukum PT. PANDAWA MITRA MEDIKA dengan ijin NOMOR. 3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017. Operasional dari PTSP DKI Jakarta Pusat dan Dinas Kesehatan Jakarta Pusat. Klinik Pandawa ini didirikan oleh beberapa orang dokter yang berpengalaman, serta ahli terhadap kasus-kasus penyakit yang erat kaitannya dengan masalah Penyakit kelamin, Kulit, Bedah umum, dan Perawatan organ reproduksi pria (Andrologi), wanita (Ginekologi) perempuan, orang tua, atau orang muda termasuk anak-anak.

Gedung Baja GF2 Tower B

Jl. Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat