Balanitis

Pengertian

Balanitis merupakan peradangan di seputar kepala penis (glans penis) dan kulit yang melingkupinya yang umumnya disebabkan karena infeksi bakteri, virus, atau jamur. Penyakit ini lebih banyak dialami oleh anak laki-laki atau laki-laki dewasa yang tidak disunat.

Penyebab

Balanitis bisa terjadi karena faktor kebersihan yang kurang diperhatikan di seputar area penis. Akibatnya, area ini lebih rentan mengalami infeksi, yang dapat berupa:

• Infeksi jamur
  • Infeksi bakteri yang berkembang biak di bagian bawah kulup penis (pada penis yang tidak disunat)
  • Penyakit menular seksual, seperti herpes simpleks, klamidia, atau sifilis

Balanitis juga dapat disebabkan karena kelainan kulit di penis seperti:

• Eksim (disebut juga dermatitis atopik), yaitu kelainan kulit akibat alergi yang ditandai dengan kulit yang kering, kemerahan, dan gatal.
  • Psoriasis, yaitu kelainan autoimun di kulit yang ditandai dengan kulit yang sangat kering dan kerak kulit yang tebal.
  • Dermatitis kontak, suatu peradangan kulit akibat paparan zat kimia tertentu, misalnya kondom, sabun, dan sebagainya.

Seseorang lebih rentan terkena balanitis bila ia mengalami kondisi:

• Diabetes, terutama bila kadar gula darah tidak terkontrol. Kadar gula tinggi di air seni pada penderita diabetes bisa menyebabkan bakteri di penis berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan infeksi.
  • Fimosis, yaitu kondisi kulup penis yang terlalu ketat dan menyebabkan kulup penis tidak dapat ditarik ke belakang.
  • Laki-laki tidak disunat yang tidak membersihkan kotoran (smegma) di bawah kulup penisnya.

Gejala

Balanitis menimbulkan beberapa gejala, di antaranya seperti:

• Kemerahan dan bengkak pada kepala penis
  • Penis berbau
  • Rasa gatal atau perih pada kepala penis
  • Adanya nanah di bawah kulup penis
  • Nyeri saat buang air kecil

Bila mengalami gejalanya, pastikan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Ingat, jangan menunda-nunda! Balanitis bisa terus berkembang hingga mengancam nyawa bila dibiarkan.

Klinik Pandawa didirikan dengan berbadan hukum PT. PANDAWA MITRA MEDIKA dengan ijin NOMOR. 3/B.6.0/31.71.02/-1.779.3/2017. Operasional dari PTSP DKI Jakarta Pusat dan Dinas Kesehatan Jakarta Pusat. Klinik Pandawa ini didirikan oleh beberapa orang dokter yang berpengalaman, serta ahli terhadap kasus-kasus penyakit yang erat kaitannya dengan masalah Penyakit kelamin, Kulit, Bedah umum, dan Perawatan organ reproduksi pria (Andrologi), wanita (Ginekologi) perempuan, orang tua, atau orang muda termasuk anak-anak.

Gedung Baja GF2 Tower B

Jl. Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat