Apa Itu Orkitis?

Orkitis adalah kondisi medis di mana terjadi peradangan pada testis. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa jenis infeksi bakteri atau virus gondok. Penyebab utama penyakit ini adalah bakteri penyakit menular seksual, terutama gonore dan klamidia.

Bila orkitis ini disebabkan karena epididimitis maka disebut sebagai epididymo-orchitis. Kondisi ini cukup menyakitkan dan juga dapat menyebabkan kemandulan pada pria. Kedua bentuk bakteri dan virus dapat diobati dengan obat tetapi mungkin memakan waktu beberapa minggu untuk penyembuhannya.

Orkitis merupakan inflamasi (peradangan) akut atau infeksi pada testis. Hal ini biasanya terjadi akibat komplikasi dari penyakit sistemik atau sebagai perluasan dari epididimitis.

Sampai dengan 30 persen dari pria dewasa yang mendapatkan gondok (dengan pembengkakan kelenjar parotis, kelenjar air liur yang memproduksi di pipi) juga akan mengalami peradangan pada satu atau kedua testis kadang-kadang.

Penyebab paling umum dari orkitis pada pria dewasa adalah infeksi bakteri. Pada pria muda yang aktif secara seksual organisme yang paling umum adalah klamidia dan infeksi ini menular seksual.

Bagaimana Gejala Orkitis?

Orang yang paling rentan terhadap orkitis adalah mereka dengan tidak memadai gondok inokulasi dan, dalam kasus orkitis menular seksual, mereka yang melakukan seks tidak aman atau memiliki riwayat penyakit menular seksual. Perlindungan memadai dari daerah selangkangan selama olahraga kontak atau kegiatan fisik yang berpotensi membahayakan lainnya dapat menyebabkan cedera yang menyebabkan orkitis.

Gejala orkitis dapat berupa: demam, cairan semen mengandung darah, keluar nanah dari penis, pembengkakan skrotum, testis yang terkena terasa berat, membengkak, dan teraba lunak, serta nyeri ketika berkemih, buang air besar(mengedan), melakukan hubungan seksual.

Komplikasi Orkitis

Biasanya orkitis tidak menyebabkan komplikasi yang signifikan dari kondisi ini, sebaliknya akan pulih sepenuhnya dengan pengobatan yang tepat. Dalam kasus yang jarang terjadi, hal itu dapat mempengaruhi kesuburan bagi seorang pria. Beberapa komplikasi langka lainnya dari orkitis adalah: peradangan epididimis kronis, abses skrotum dan menyusutnya testis.

Gedung Baja GF2 Tower B

Jl. Pangeran Jayakarta no.55 Jakarta Pusat